Paparan Kajian Teknis Pembuangan Limbah Cair PT. Pelabuhan Universal Sumatera

Pemaparan Kajian Teknis PLC PT. PUS Pemaparan Kajian Teknis PLC PT. PUS

PT. Pelabuhan Universal Sumatera (PUS) melakukan paparan kajian teknis pembuangan limbah cair bertempat di Aula Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Hari.

PT. Pelabuhan Universal Sumatera merupakan Perusahaan yang bergerak sebagai Tempat Penumpukan Sementara Batubara (intermediet stockpile). Nantinya batubara ini akan didistribusikan ke stockpile akhir ataupun didistribusikan ke pasar lokal di Pulau Sumatera.

Stockpile batubara menyebabkan limpasan permukaan (run-off) yang mengandung asam, yang sering disebut Air Asam Tambang. Air asam tambang (AAT) terbentuk karena adanya oksidasi antara mineral yang mengandung sulfida dengan air dan udara. Dengan demikian, air hujan dan udara mengoksidasi mineral batubara sehingga mencemari air permukaan. 

Setiap perusahaan batubara Wajib melakukan treatment air asam tambang ini sebelum dibuang ke badan air, seperti sungai, waduk, parit dan sebagainya. Oleh sebab itu, air permukaan yang harus dibuang ke badan air harus memenuhi baku mutu sesuai Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 113 Tahun 2003 sebagai berikut.

1. pH 9.0

2. TSS 20

3. Besi (Fe) 0.516

4. Mangan (Mn) < 0.02

 

- DLH BTH -